Selasa, 08 April 2008

damian's birth

Damian is 9 month old now...dan sampai skrg hanya beberapa org saja yang tau detil detik2 kelahirannya, but now I think it's time to share itu with others :



Rabu, 27 Juni 2007 : seharian perutku rasanya seperti ditusuk2 ribuan jarum kecil2, dgn frekwensi makin lama makin sering dan teratur...akhirnya sekitar jam 9 malam diantar papa dan suami ke RS YPK di menteng, dan pas dicek sama suster ternyata udh sampai pembukaan 3 (jujur, pas dicek bukaan, sempat shock karena ini pengalaman pertama hrs merasakan ada jari2 yg masuk ke daerah paling sensitif dan paling keramat-menurut gw-), setelah semua pemeriksaan selesai, aku disuruh tiduran dulu di ruang tunggu. Di ruang tunggu itu ada 2 bed, dan di bed sebelahku udh ada pasien juga yg ribuuuuttt bgt semaleman. Aku sampai heran, emang sesakit apa sih, sampai dia teriak2 gitu...aku kayaknya biasa2 aja, mules sih, tp ya that's it, tidak sampai membuat aku ingin teriak2, hehehe..



Kamis, 28 Juni 2007 : Sekitar jam 2 pagi aku dgr ada tangisan bayi, karena ternyata tetangga sebelahku akhirnya melahirkan, dan itu sudah anak ke-3. Aku tambah heran lagi, udh anak ke-3, dan hebohnya seperti itu, hihihihi...akhirnya ruang tunggu sepi lagi, tapi ngga sampai sejam, udh ada pasien lagi, kali ini suaranya cuma bisik2 aja, ngga seheboh yg pertama tadi...tapi lama2 iritating juga karena di tengah2 kesunyian itu aku hrs dgr suara "adduuhhh....adduuuhhh...", hahahaha...(so egois ya diriku, merasa terganggu sama penderitaan org lain). Tapi sekitar jam 6 pagi, tetangguku dijemput suster, katanya sih mau di-operasi karena ketuban sudah pecah sementara bayi dlm keadaan sungsang...dan beneran, ga lama setelah itu ada tangisan bayi....ibu yg ini katanya melahirkan anak ke-2 :)



Aku mulai khawatir, what's wrong with me...udh ada 2 ibu hamil dan akhirnya melahirkan dgn sukses, sementara aku, last time checked jam 6 pagi baru bukaan 5, dan itu berlanjut terus sampai jam 6 sore (dan selama itu pula aku hrs menunggu di ruang bersalin, karena katanya kalo udh bukaan 5 biasanya cepet nambah bukaannya). Akhirnya kublg ke suami, aku udh capek nahan sakit (meskipun aku cuma meringis2 aja, ngga sampai seheboh 2 ibu tetanggaku, hehehehe...). Akhirnya suamiku minta disambungkan ke dokter, blg kalo minta di-operasi aja. Eeeehh...tuh pak dokter ga mau, katanya kehamilanku ga ada masalah, jadi harusnya bisa melahirkan normal. Aku sampai disuruh cek USG 4D, dan emang di situ keliatan ga ada hambatan apa2...kata dokternya sih "anak ibu masih pgn di dalam tuuuhh...diajak omong baik2 ya, disuruh keluar sekarang aja, mamanya udh capek". Tapi aku insist, aku mau operasi aja, akhirnya dokter mau, tapi besok pagi aja katanya (gubraks...it means semalam lagi aku hrs merasakan kontraksi yg tak kunjung henti, hiks...)



Aku sama suami bener2 bete sama pak dokter itu, soalnya sejak pertama kami masuk sampai malam itu, ga sekalipun dia nengokin...cuma suster2 aja yg sliweran, jadi kami merasa terlantar, hiks..



Operasi dijadwalkan jam 6 pagi, jadi dari jam 11 malam aku hrs puasa, dan hampir 24 jam perutku ini ngga terisi makanan karena grogi hrs nunggu di ruang bersalin...jadi cuma ngemil2 aja deh, dikit2...akhirnya sama suamiku, aku dibikinin jus telor ayam kampung plus madu, katanya buat penambah stamina...daaaaannnnn...



Jumat, 29 Juni 2007 : sekitar jam 2 pagi, perutku muleeeessssss minta ampun, kupanggil2 suamiku yg tidur di sofa dekat tempat tidurku...tapi mgkn karena kecapekan dari kmrn ngga tidur nungguin aku, dia tidur amat sangat lelap plus lengkap dengan dengkurannya yang lumayan nyaring (tetangga sebelahku, yang baru masuk sekitar jam 10 malam, sampai minta pindah ke kamar aja, kayaknya gak mau terganggu sama bunyi dengkur suamiku, hihihihi... untung terpisah gorden, jadi wajah kami tidak terdeteksi, hahahahaha)...awal2nya aku coba mengurangi nyeri pake cara pernafasan, tarik nafas dalam2 dan buang...tapi lama2 makin ngga tahan (baru aku tau, kenapa 2 ibu sebelum aku sampai teriak2, hiiihihihi...tapi aku tetep anteng, cuma nyengir2 sambil mencengkeram pinggiran bed...), akhirnya kupanggil suster jaga. Begitu liat aku, si suster lgsg kaget "lho, ibu kok masih di sini, saya pikir udh melahirkan" (karena, malam sebelumnya dia juga yg meriksa aku..rupanya pagi2 dia udh plg, dan saat itu dia giliran jaga lagi). Aku minta dikasih obat penahan sakit, dan sama suster dikasih deh, trus dia blg mau sekalian ngecek bukaan.



Sang suster-lagi2-mengecek bukaan-ku (kalo kuhitung2, mgkn udh lebih dari 6 kali aku dicek oleh tangan2 yg berbeda, yg memasukkan jari2nya dgn nyamannya ke "mrs V"-ku sementara aku selalu nyengir2 menahan nyeri dan sama sekali ngga nyaman, hiks...begitu menarik tangannya, terjadilah percakapan ini :



suster : "udh bukaan 8 nih, bu...kita ke ruang bersalin aja yuk"



aku : "hah? sekarang ya suster?!?!"



suster : "iya lah, mau kapan lagi...keburu keluar lho nanti bayinya"



akhirnya msh dengan bingung, kubangunkan suamiku...dan dia tambah bingung lagi, sambil kucek2 mata, liat jam tangan...



suami : "jam berapa nih"



aku : "jam 2...ayo,aku suruh masuk ruang bersalin nih"



suami : "lho, kok bisa..kan operasinya masih lama"



aku : "siapa bilang mau operasi..ini aku udh bukaan 8"



suami : "lho,kok bisa?!?!?!"



aku : (speechless.....trus jalan ke ruang bersalin, hihihihi...kata suamiku, aku jalan ke ruang bersalin kayak tentara mau maju perang, bersemangat bgt, hihihihihi)



Begitu masuk ke ruang bersalin, semua rasanya berlalu cepet banget...kayaknya banyak bgt tangan2 yg merada di sekitarku....suamiku cuma ada di belakangku, kayaknya masih ngantuk dan bingung....di "kursi bersalin" (susah mendeskripsikan bentuknya, tp yg pernah ke DSOG pasti tau bentuknya, hihihihi), aku disuruh BAK dan BAB (mereka pake alat sih, aku udh ga ngerti gimana bentuknya...pokoknya mereka mengeluarkan dgn paksa deh, hehehehe...tapi karena aku udh sibuk dgn rasa sakit di perut jadi ya sebodo amat deh...)



Ada suster yang kasih tau kalo dokter yg harusnya menangani aku sdg berhalangan, katanya dia ga bisa keluar dari kompleks rumah karena penjaga portal di kompleks entah ada di mana, jadi mobilnya ga bisa keluar...(Oh My GOD...), dan diganti dokter lain...pas si dokter masuk dan dgn suara bas-nya menyapa "selamat pagi buuu", aku lgsg shock...pak dokternya tingggiiii dan besaaarrrr (tau ga yg bikin shock...tangan dia segedhe apa coba, dia kan pasti juga mau periksa bukaan-ku!!!)..dan benar dugaanku, dia ngecek dulu aku udh bukaan berapa...tapi ajaib...aku udh ga berasa apa2, hihihii...



Karena ketubanku blm pecah, akhirnya dipecah paksa, dan setelah itu mulailah perintah2 "ayo buu...dorong buuu..sedikit lagi buuuu...", tapi karena dari seharian kmrn aku cuma makan sedikit, dan aku udh terlalu capek menahan sakit seharian...akhirnya dokter menyarankan vacuum...dan pas pukul 03.33 pagi, lahirlah MY BABY BOY...we name him DAMIANUS BRAMANTYADIRA GAVRILADHITA



Legaaaaaa banget rasanya setelah dengar tangisnya, trus merasakan hangatnya tubuh dia di dadaku...HEAVENLY...setelah itu, rasa sakit rasanya lgsg ilang semua..si dokter blg mau menjahit bekas2 luka pun aku cuma blg "terserah dok", pokoknya ditanya apa2 selalu jawabnya "terserah dok" (kayaknya waktu itu, even the world go down..gw bakalan ga peduli...gw punya anak gitu logghhhhh...)



Akhirnya.....setelah 31 jam penantian di RS, aku merasakan rasanya jadi ibu baru....ada yg blg "the day a baby was born, a mother was born, too...", dan kayaknya emang bener...karena aku yg seumur2 belum pernah menggendong seorang bayi, ternyata begitu diserahi untuk menggendong anakku, aku lgsg refleks menggendong dan menimang2 dia...rasanya AMAZING banggggeeettttsssss

Tidak ada komentar: